Manfaat Mengonsumsi Jagung untuk Kesehatan

Jagung  adalah salah satu tanaman yang dijadikan makanan pokok di belahan Negara seperti Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, dan beberapa daerah di Indonesia. Tanaman penghasil karbohidrat selain Padi dan Gandum ini tergolong mudah diolah. Dipanggang, direbus, dijadikan sup, sayur, bahkan camilan seperti popcorn.

Namun tahukah kalian jika mengonsumsi jagung dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Menjaga mata tetap sehat

Jagung sangat kaya akan Lutein dan Zeaxanthin. Zat zat ini dapat mencegah katarak dan penurunan fungsi pada area mata atau AMD (Age-related Macular Degeneration).

2. Dapat Mencegah Kanker dan Masalah Pencernaan Lainnya

Serat dalam jagung juga dapat menurunkan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Terlebih lagi, makan cukup serat meningkatkan pencernaan yang sehat dan dapat melindungi Anda dari masalah penernaan.

3. Melindungi fungsi pada Hati dan Jantung

Menurut penelitian, jagung memiliki efek anti-aterogenik pada kadar kolesterol, sehingga mungkin mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Dalam jagung terdapat asam lemak omega-3 untuk menghilangkan LDL atau kolesterol jahat. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan penyumbatan arteri, menurunkan tekanan darah, dan meminimalkan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Dapat meningkatkan Berat Badan

Bagi anda yang mencari makanan yang dapat meningkatkan berat badan secara cepat mungkin jagung adalah pilihan yang tepat. Pada 100 gram jagung terdapat kandungan sebanyak 365 kalori. Lebih banyak dari Padi, Gandum, dan bahan penghasil karbohidrat lainnya.

5. Mencegah Anemia

Jagung sangat kaya akan zat besi. Zat besi membantu tubuh Anda membentuk sel darah baru, yang penting untuk mencegah terjadinya anemia. Jagung juga dapat membantu menghindari gejala anemia seperti kelelahan, lemas, pusing, dan sesak napas.

6. Mengobati penyakit pada Prostat

Sebuah riset membuktikan bahwa jagung mengandung senyawa antioksidan quercetin. Para peneliti telah menemukan bukti kuat bahwa quercetin memainkan peran penting dalam mengobati penyakit dan radang pada prostat.

7. Menghindari cacat pada bayi

Untuk para ibu-ibu hamil, pastinya mendambakan bayi yang sehat. Menurut Home & Garden Information Center Clemson University, jagung kaya akan asam folat dan nutrisi lainnya, sehingga manfaat jagung ini cocok bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan menyusui. Dengan mengonsumsi jagung, bayi dalam kandungan akan terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang tak diinginkan pada bayi seperti risiko spina bifida dan malformasi saraf lainnya.

8. Jagung membantu meningkatkan daya ingat

Manfaat jagung yang lainnya adalah membantu meningkatkan daya ingat sekaligus mencegah penyakit lupa atau Alzheimer. Hal ini karena jagung mengandung zat thiamine dan vitamin B1. Alzheimer merupakan kondisi ketika sebagian sel-sel di otak tidak berfungsi, sehingga mengalami penurunan drastis.

            Itulah manfaat jagung yang berguna bagi kesehatan tubuh. Di masa Pandemi ini kita wajib mengonsumsi makanan yang kaya manfaat.  Sampai saat ini jagung tersedia dimana mana dengan rasa, jenis, dan kualitas yang beragam.

             Untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan pokok terutama jagung, TaniHub hadir sebagai produsen sayur, buah-buahan dan berbagai macam kebutuhan dapur lainnya menjadi pilihan tepat bagi anda. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya. Apalagi saat ini banyak promo promo untuk berbagai produk yang ditawarkan. Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *