Cara Agar Cepat Hamil yang Perlu Dilakukan Kamu dan Pasangan

5 Makanan Ini Meningkatkan Risiko Keguguran, Wajib Dibatasi saat Hamil


Apabila kamu dan pasangan sedang melakukan program hamil, sebaiknya kamu mengetahui beberapa cara agar cepat hamil yang bisa dipraktikkan bersama pasangan. Bagi sebagian besar pasangan, kehamilan adalah hal yang dinantikan setelah menikah, namun kehamilan sendiri adalah proses yang sangat kompleks dan banyak faktor yang memengaruhinya. Ada yang hamil dengan cepat, ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil meskipun sudah rutin berhubungan seksual dengan pasangan.

Hal tersebut karena untuk mendapatkan kehamilan, tidak hanya dengan berhubungan seks saja, namun terdapat banyak faktor yang memengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dengan pasangan agar proses kehamilan bisa didapatkan dengan cepat.

  • Lepaskan alat kontrasepsi

Jika kamu menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya segera lepas agar kamu bisa cepat hamil. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa alat kontrasepsi yang membutuhkan waktu beberapa lama supaya kehamilan terjadi, contohnya adalah hentikan suntikan Depo-Provera yang mengandung hormon progesteron sekitar 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

  • Periksakan kondisi kesehatan ke dokter

Sebaiknya kamu dan pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter sebelum memulai program hamil. Hal ini adalah salah satu langkah penting yang perlu dilakukan karena memeriksakan kesehatan dan melakukan tes kesuburan sangat berguna untuk memastikan bahwa kamu dan pasangan sama-sama sehat dan bisa segera memulai program hamil.

  • Ketahui kapan masa subur

Tips lainnya agar cepat hamil adalah dengan mengetahui masa subur yang merupakan masa ovulasi, yaitu waktu ketika ovarium melepaskan sel telur. Masa subur pada wanita terjadi beberapa hari setelah menstruasi dan tergantung pada siklus menstruasi kamu. Kamu perlu ingat bahwa normalnya, pelepasan telur terjadi satu kali dalam sebulan dan masa subur sendiri hanya terjadi selama beberapa hari. Maka dari itu sangat penting untuk tidak melewatkan kesempatan ini sebagai cara cepat hamil setelah menstruasi.

  • Berhubungan seksual secara rutin

Tips lainnya adalah melakukan hubungan seksual secara rutin di waktu tertentu. Meskipun kebanyakan pasangan melakukannya sebelum tidur, namun beberapa ahli mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi adalah pada pagi hari. Sehingga tidak ada salahnya bagi kamu dan pasangan untuk melakukan hubungan seksual di pagi hari saat melakukan program kehamilan.

  • Jaga kualitas dan kuantitas sperma pria

Sperma bisa berhasil membuahi telur wanita ketika berada dalam kualitas yang sehat, kuat, dan jumlahnya yang banyak. Kamu bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma agar cepat hamil dengan cara mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, mempertahankan berat badan normal, mencukupi kebutuhan nutrisi, dan menghindari berendam air panas.

  • Mengelola stres

Apabila kamu sedang dalam masa program hamil, sebaiknya kamu dan pasangan jangan terlalu stres karena kondisi ini dapat mengganggu ovulasi atau pelepasan telur dan bisa mengganggu program hamil. Agar bisa cepat hamil, jalani masa program hamil dengan santai dan nikmati hubungan seksual dengan pasanganmu. Sebaiknya jangan menjadikan program hamil ini sebagai beban dan jangan terlalu memikirkan apakah kamu nantinya berhasil hamil atau tidak, karena pikiran ini justri bisa membuatmu stres.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Ketika kamu dan pasangan sedang menjalani program hamil, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah menjalani pola hidup sehat. Cara agar bisa cepat hamil bisa dengan mengkonsumsi makanan penyubur kandungan serta olahraga secara teratur. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa berpengaruh baik kepada kehamilan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *