Penyebab Kaki Membengkak

5 Kondisi Medis Umum Ini Bisa Jadi Penyebab Jari Kaki Mati Rasa


Apakah kalian sering mengalami pembebengkakan pada kaki dan tidak tau apa penyebabnya.? Kaki bengkak umum terjadi pada manusia bahkan sering. Indikasi atau penyebab kaki bengkak sendiri bukan serta merta tanpa alasan. Biasanya kaki bengkak sendiri disebebabkan oleh beberapa faktor seperti hamil dan juga tergelincir.

Realitanya, kaki bengkak sendiri sangat menggangu aktifitas dan keseharian. Dengan adanya pembengkakan di daerah kaki tersebut, membuat tubuh dan gerak badan tidak leluas untuk bergerak. Tetapi, sebenarnya apa saja sih yang mampu membuat kaki bengkak seketika.? Berikut beberapa penyebab kaki bengkak.

1. Infeksi Tertentu

Penyabab pertama yang bisa membuat kaki bengkak seketika yaitu terindikasi suatu infeksi tertentu. Pasalnya, banyak kasus tentang hal ini dan bukan berarti tanpa alasan. Sebab, infeksi tertentu bisa terjadi bahkan sering dialami oleh seseorang yang memiliki diabetes neuropati.

Dengan begitu, diabetes neuropati ditandai dengan gejala saraf yang memiliki gangguan dan terutama pada saraf kaki. Maka tak heran jika bagian kaki sering sensitif mengalami gangguan, seperti keram ataupun kesemutan. Hal tersebutlah yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki.

2. Darah Membeku

Pembekuan darah memang sering terjadi pada manusia. Tak jarang pula pembekuan darah terjadi disekitar bawah tubuh manusia seperti kaki atau pun betis. Hal itu, bisa membuat kaki membengkak. Pasalnya darah yang membeku disekitar kaki, membuat darah terhambat untuk kembali lagi ke jantung.

Beberapa kasus tentang pembekuan darah pada kaki sudah sering terjadi. Sebaiknya untuk langsung memeriksanya ke dokter. Sebab, jika terlambat hal yang akan dirasakan adalah nyeri, demam, dan pastinya pembengkakan pada kaki.

3. Hamil

Mungkin untuk sebagian bumil atau ibu hamil akan merasakan dan mengalami hal ini. bengkaknya kaki pada ibu hamil itu normal adanya. Akan tetapi dengan syarat tidak berlebih dan juga mendadak. Dikarenakan, membengkaknya kaki pada ibu hamil terjadi akibat janin yang semakin membesar serta berkembang. Dengan berkembangnya  janin tersebut akan menekan pembuluh darah dan hal tersebutlah yang menjadi penyebab kaki membengkak.

Akan tetapi, kaki bengkak pada ibu hamil memiliki efek lain atau efek samping. Dari kaki bengkak tersebut, ibu hamil bisa terkena gejala preeklampsia, atau kelainan kehamilan yang biasa terjadi pada usia 20 minggu kehamilan.

4. Cedera kaki

Mungkin ini penyebab utama kaki membengkak dari sekian banyak indikator pembengkakan kaki. Hal ini lazim saja dan bisa terjadi kapan dan dimana saja. Keseharian padat yang biasa dilakukan terkedang membuat seseorang tergelincir dan tak sadar akan terjadinya cedera pada kaki.

Akan tetapi, fakta membuktikan bahwa cedera pada kaki lebih sering terjadi pada seorang atlet, seperti pemain bola, pelari, pemain bulu tangkis dan lain-lain. Maka mungkin membengkaknya kaki pada atlet sudah menjadi hal yang biasa. Dengan begitu, seseorang yang mengalami cedera pada kaki, akan lebih beresiko terkena pembengkakan kaki itu sendiri.

5. Edema Perifer

Edema perifer adalah kelainan cairan yang ada pada darah keluar dari kapiler dan menumpuk pada jaringan. Kondisi ini disebabkan oleh berlebihnya berat badan, terlalu lama berdiri dan juga terlalu lama duduk atau jongkok. Edima perifer sendiri menjadi salah satu penyebab terjadinya pembengkakan kaki.

Demikian informasi diatas yaitu tentang kaki membengkak. Adanya isi atau listicle diatas, semoga bisa menjadi cerminan untuk kalian, agar lebih memperhatikan kesehatan tubuh yang salah satunya adalah kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *