Kenali Tipe-tipe Ukuran Pipa PVC


Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pipa PVC merupakan salah satu produk pipa yang paling umum digunakan pada rumah-rumah sebagai instalasi air. Masing-masing ukuran pipa PVC yang tersedia di pasaran tentu memiliki fungsi berbeda-beda. 

Mengingat material pipa PVC terbuat dari bahan thermoplastic, tentunya ia memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibanding pipa besi maupun alumunium. Menariknya lagi, harga pipa PVC pun relative lebih murah ketimbang jenis pipa lainnya. Bahkan, pipa PVC ini sudah dibekali dengan penyambung sehingga tidak membutuhkan tambahan berupa sambungan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tipe-tipe ukuran pipa PVC, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini. 

Tipe Ukuran Pipa PVC

Tebal (AW) Sedang (D) Tipis (C) Ukuran
        C 5/8” 17 mm
AW 1/2”  C 1/2” 22 mm
AW 3/4” C 3/4” 26 mm
AW 1” C 1” 32 mm
AW 1 1/4” D 1 1/4” C 1 1/2” 42 mm
AW 1 1/2” D 1 1/2” C 1 1/2” 48 mm
AW 2” D 2” C 2 1/2” 76 mm
AW 3” D 3” C 3” 89 mm
AW 4” D 4” C 4” 114 mm
AW 5  D 5” C 5” 140 m
AW 6” D 6” 165 mm
AW 8”  D 10” 216 mm
AW 10”D 10”267 mm

Pipa PVC Berdasarkan Kelasnya

1. PVC Kelas AW

Pipa PVC kelas AW mampu menahan tekanan hingga 10 kg / cm2. Dengan begitu, ia sangat ideal digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi atau yang menggunakan pompa air. Ya, seperti saluran air di bawah tanah, air ke keran-keran air, dan saluran penyediaan air untuk kebutuhan rumah.

2. PVC Kelas D

PVC Kelas D kerap digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu besar, karena ia memiliki ukuran yang sedang. Hal itu bisa kita lihat, dimana PVC Kelas D ini mampu menahan tekanan sekitar 5 kg / cm2. Bahkan yang lebih menariknya lagi, biaya operasional PVC Kelas D lebih rendah dibanding pipa PVC kelas AW. 

3. PVC Kelas C

Pipa PVC yang berdasarkan kelas berikutnya adalah PVC kelas C. Dari segi ketebalan, pipa PVC kelas C ini memang yang paling tipis dibanding pipa kelas lainnya. Itu sebabnya, mengapa jenis pipa yang satu ini sering dijadikan untuk pelindung kabel listrik. 

Fungsi Pipa PVC yang Berdasarkan Ukuran

  • Untuk pipa PVC kelas C 5/8 berfungsi sebagai pelindung kabel listrik
  • AW 1/2,3/4 merupakan ukuran pipa PVC yang biasa digunakan untuk supply air di hunian rumah. Ukurannya yang lebih besar, sehingga cocok digunakan untuk debit air yang lebih besar juga
  • Pipa PVC kelas D 2 1/2, 3, 4 sering digunakan untuk air buangan pada hunian rumah
  • Untuk kebutuhan di dalam tembok, maka lebih baik menggunakan pipa PVC kelas C
  • Kelas C 3,4 merupakan pipa PVC yang kerap digunakan sebagai pembuangan air yang memiliki tekanan rendah. 

Keunggulan Pipa PVC

  • Tahan terhadap korosi
  • Proses pemasangan yang mudah
  • Harga yang relative murah
  • Kuat dan tidak sulit untuk kita jumpai dipasaran. 

Demikianlah ulasan singkat seputar tipe-tipe ukuran pipa PVC. Nah, bagi kamu yang ingin membeli pipa PVC secara online dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi http://www.pipahdpe.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *