Kekuatan Doa Nabi Yunus Diabadikan Dalam Al Quran

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadan

Allah SWT pastinya akan menguji hidup setiap manusia. Ujian dari Allah itu bermacam macam tergantung pada kadar keimanan seseorang. Oleh karena itu manusia harus banyak banyak membaca doa supaya Allah menolong hidupnya.

Ustadz Ainul Yaqin selaku Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) mengatakan bahwa, segala kesulitan yang terjadi dalam kehidupan manusia, terutama di tengah wabah virus corona (COVID-19) seperti saat ini yang menguji keimanan serta ketakwaan setiap umat Islam. Oleh karena itu setiap manusia harus banyak banyak memanjatkan doa.

Membaca Doa Nabi Yunus adalah salah satunya yang dianjurkan karena mudah dijabah. Berikut dibawah ini beberapa fakta tentang Doa Nabi Yunus yang mudah dijabah, diantaranya yaitu :

1.Doa Nabi Yunus Diabadikan Dalam Al Quran

Nabi Yunus adalah salah satu nabi yang namanya banyak disebut sebut dalam Al Quran. Doa Nabi Yunus  terkenal sebagai doa yang memiliki kekuatan sehingga Allah SWT mengabadikannya dalam Al Quran.

2. Doa Nabi Yunus Sebagai Bentuk Pengakuan Dan Kepasrahan Pada Ketentuan Allah SWT

Kisah Nabi Yunus yang unik memberi pelajaran yang sangat penting bagi kehidupan seluruh umat Islam. Kisah unik Nabi Yunus adalah saat beliau ditelan ikan paus  dan sempat berada didalam ikan paus cukup lama. Nabi Yunus saat berada didalam perut ikan paus terus terusan memanjatkan doa sebagai bentuk pengakuan serta kepasrahannya pada ketentuan Allah SWT.

Nabi Yunus saat berada didalam perut ikan paus menyadari kesalahan serta kekhilafannya. Beliau mengakui telah melakukan kesalahan sebagai seorang pemimpin karena meninggalkan umatnya.

3. Doa Nabi Yunus Diabadikan Dalam QS Al-Anbiyaa : 87-88

Selama berada di dalam perut paus tersebut, Nabi Yunus tidak hentinya hentinya memanjatkan doa supaya Allah SWt segera menyelamatkannya. Dan akhirnya Doa Nabi Yunus diabadikan oleh Allah SWT dalam QS  Al-Anbiyaa : 87-88, yang berbunyi :

“Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin.”

Artinya, “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang orang yang zalim.”

4. Doa Nabi Yunus Memiliki Bangak Keberkahan

Doa Nabi Yunus yang merupakan bentuk pengakuan serta kepasrahan Nabi Yunus atas kesalahan yang telah dilakukannya ternyata banyak keberkahannya saat kita juga memanjatkan doa tersebut dalam keseharian kita.

Seperti yang dikutip dari umma.id, berikut dibawah ini keutamaan Doa Nabi Yunus :

  • Bentuk Pujian Utama Pada Allah

Sejatinya doa merupakan pernyataan kita tentang keesaan Allah. Bahwa sesungguhnya tidak ada yang patut disembah kecuali Allah. Kekuasaan Allah itu tidak bisa dibandingkan dengan kekuasaan lainnya.

  • Mendapatkan Ampunan Allah

Doa Nabi Yunus tidak hanya untuk memuja Allah saja, tetapi juga sebagai bentuk pengakuan khilaf serta permintaan maaf kepada Allah SWT sang pencipta. Nabi Yunus memohon ampunan atas semua kesalahan serta dosa dosa yang telah diperbuatnya dengan harapan Allah SWT memberi ampunan dan ridho.

  • Mendapat Kekuatan Ketika Ada Cobaan

Kehidupan manusia di dunia ini memang tidak akan terlepas dari cobaan, musibah, serta ujian. Seperti janji Allah, Allah tidak akan membiarkan umatnya berada dalam keadaan berdiam diri. Kapasitas manusia itu ada batasnya. Tanpa bantuan Allah SWT, kita tidak akan mampu melewati berbagai macam cobaan tersebut. Hanya Allah SWT yang mampu melepaskan kita dari berbagai macam cobaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *