5 Cara Mengatasi Diare yang Aman dan Mudah di Rumah

Cara Mengobati Diare, 5 Solusi yang Perlu Kamu Tahu Lawan Mencret


Selama ini terdapat banyak cara mengatasi diare yang dapat dilakukan di rumah. Frekuensi BAB yang sering disertai feses encer dapat membuat badan terasa lemas. Sering kali penyakit ini juga disertai dengan rasa melilit pada perut. Untungnya, Anda bisa memberikan pertolongan pertama ketika terkena penyakit ini sebelum Anda pergi ke dokter. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah hingga kondisi Anda berangsur membaik dalam 2-3 hari.

1.Pastikan Anda Meminum Banyak Cairan

Sebaiknya Anda tidak menyepelekan penyakit satu ini, sebab ketika tidak cepat diatasi dapat memicu dehidrasi yang memperburuk keadaan Anda. Untuk mencegah risiko tersebut, Anda dapat minum cairan secara sering.

Dengan memberikan tubuh asupan cairan, maka Anda dapat mencegah tubuh kehilangan banyak cairan. Hasil yang efektif dapat Anda peroleh dengan minum larutan oralit. Cairan oralit bisa Anda beli di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Oralit dikatakan lebih efektif mengobati penyakit ini dibandingkan hanya minum air biasa, Dalam oralit terkandung elektrolit serta mineral yang lebih lengkap. Kandungan tersebut bisa membantu usus menyerap kelebihan cairan secara lebih efisien.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat yang Rendah Serat

Selain memastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi, penting juga untuk memperhatikan makanan apa yang masuk ke tubuh Anda. Ketika Anda terserang penyakit ini, pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan rendah serat.

Hal ini bertujuan agar usus tidak bekerja terlalu keras dan makanan dapat diserap dengan mudah. Penyakit ini biasanya juga disertai gejala mual. Untuk meminimalisir risiko mual dan muntah, Anda bisa memilih makanan yang memiliki rasa tawar.

3. Mengkonsumsi Produk Makanan, Minuman, Maupun Suplemen yang Mengandung Probiotik

Mengkonsumsi makanan rendah serat dan tinggi karbohidrat memang menjadi salah satu cara mengatasi diare. Namun, ternyata Anda juga bisa mengkonsumsi makanan lain, yakni makanan yang kaya akan probiotik.

Beberapa produk yang banyak mengandung probiotik adalah yoghurt dan tempe. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang berguna bagi kesehatan sistem pencernaan Anda. Bakteri baik dapat membantu sistem imun tubuh sehingga bekerja lebih efektif dalam melawan infeksi.

4. Menghindari Makanan yang Dapat Membuat Penyakit Anda Semakin Parah

Ketika Anda terkena penyakit ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa makanan yang justru memperparah kondisi Anda. Beberapa makanan tersebut adalah makanan yang berminyak, pedas, serta mengandung pemanis buatan. Ketika kondisi pencernaan Anda sedang buruk, makan tersebut tidak dapat dicerna dan diserap tubuh dengan baik. Di samping itu, Anda juga harus menghindari minuman bersoda, kopi, dan olahan susu. Hindari makanan yang mengandung gas, sebab makanan tersebut dapat membuat perut Anda kembung dan mual. Risiko buruknya, makanan dan minuman tersebut bisa membuat saluran pencernaan Anda iritasi.

5. Minum Teh Chamomile

Tips alami yang dapat Anda lakukan untuk meredakan penyakit ini adalah dengan minum teh chamomile. Sebuah penelitian dari India yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Medicine Reports membuktikan chamomile bisa membantu mengobati kembung.

Selain itu, chamomile juga dapat meredakan sakit perut dan rasa mual. Teh chamomile juga dipercaya cukup ampuh untuk mengobati gejala ringan penyakit ini.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi diare yang mudah dan aman di rumah. Selain mempraktikkan tips-tips di atas, Anda juga perlu minum obat agar sakit Anda segera sembuh. Apabila kondisi Anda semakin memburuk dan tidak muncul tanda-tanda feses cair akan berhenti dalam 2-3 hari, konsultasikan pada dokter. Semakin cepat Anda mendapatkan pertolongan, maka akan semakin cepat pula Anda sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *