Beberapa Hal Penyebab Darah Rendah Yang Perlu Diketahui

Jangan Keliru, Ini 5 Beda Anemia vs. Tekanan Darah Rendah!

Anemia merupakan salah satu penyebab tekanan darah rendah yang dapat menyerang manusia. Anemia merupakan kondisi kekurangan darah, dan menyebabkan hemoglobin didalam tubuh berada dalam jumlah dibawah angka normal. Sebenarnya masih banyak hal yang menyebabkan darah rendah seperti dehidrasi, mengkonsumsi obat obatan, hingga tengah hamil yang juga dapat menyebabkan darah rendah semakin parah jika tidak segera diatasi dengan tepat.

Saat mengalami tekanan darah rendah, otak akan gagal menerima aliran darah yang cukup sehingga dapat menyebabkan pusing yang sangat hebat. Penyebab darah rendah pada setiap orang itu berbeda beda. Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini beberapa hal penyebab darah rendah yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

  • Cuaca

Cuaca udara yang lebih panas biasanya dapat menyebabkan seseorang mengalami darah rendah. Darah rendah juga dapat menyerang siapa saja yang sering melakukan aktivitas dibawah sinar matahari. Pasalnya saat sedang beraktivitas dibawah sinar matahari akan meningkatnya suhu tubuh dan menurunnya tekanan darah.

  • Sedang Hamil

Saat tengah hamil akan berkembang dengan sangat cepatnya peredaran darah didalam tubuh. Kondisinya akan berbeda saat sedang tidak hamil atau normal. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan hormonal yang menyebabkan membesarnya pembuluh darah, dan menurunnya tekanan darah. Biasanya tekanan darah akan menurun diawal masa kehamilan. Oleh karena itu ibu hamil harus rutin mengecek tekanan darah supaya dapat mengetahui perkembangan kesehatannya.

  • Penyakit Jantung

Orang yang menderita penyakit jantung juga akan mudah mengalami kondisi darah rendah. Hal tersebut dikarenakan jantung yang mengalami masalah tidak dapat memompa darah dengan baik, sehingga menyebabkan menurunnya tekanan darah. Lemahnya otot jantung juga dapat beresiko menyebabkan darah rendah. Melemahnya otot jantung dikarenakan adanya serangan jantung atau infeksi virus tertentu.

  • Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab darah rendah yang seringkali terabaikan. Pasalnya tubuh manusia terlebih darah komposisi utamanya adalah air. Sehingga saat air didalam tubuh tidak terpenuhi dapat menyebabkan menurunnya volume darah yang dapat menjadi faktor penyebab darah rendah. Biasanya gejala darah rendah yang disebabkan dehidrasi ini akan menyebabkan penderitanya mengalami pusing dan lemas, bahkan hingga pingsan.

  • Sedang Mengkonsumsi Obat

Adanya beberapa jenis obat obatan yang memang dapat memberikan efek menjadi penyebab menurunnya tekanan darah. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkannya seperti alpha bloker, beta bloker, dan antidepresan. Jika kamu mengalami darah rendah setelah mengkonsumsi obat obatan yang sudah disebutkan tadi, berhenti mengkonsumsinya dan segera konsultasikan dengan dokter.

  • Anemia

Seperti yang sudah diketahui jika anemia merupakan kondisi dimana seseorang akan mengalami penurunan tekanan darah, dimana tidak normalnya jumlah hemoglobin didalam tubuh. Anemia juga bisa disebabkan oleh terjadinya pendarahan pada bagian tubuh tertentu.

Pada umumnya darah rendah dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal sederhana yang mudah dilakukan di rumah seperti :

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam sodium.
  • Jangan berdiri atau beraktivitas secara berlebihan, atau istirahat yang cukup.
  • Banyak minum air putih.
  • Mengurangi minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Memeriksa obat obat yang sedang dikonsumsi.
  • Mengkonsumsi obat obatan yang dapat membantu mengurangi efek darah rendah.
  • Memeriksakan diri ke dokter.

Darah rendah dapat menyebabkan penyakit serius yang membahayakan kesehatan jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu mulai saat ini biasakan diri menerapkan pola hidup yang sehat dan banyak berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *