3 Aplikasi Untuk Mengecek Plagiarisme

Plagiarisme: Kesalahan Tak Termaafkan dalam Karya Tulis


Tentunya konten yang orisinil atau asli merupakan salah kunci untuk menarik perhatian pembaca halaman di website. Sehingga sangatlah penting untuk menjaga konten tetap orisinil (tidak plagiat) dan menarik. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang 3 aplikasi cek plagiarisme sebagai berikut :

1. Copyscape

Aplikasi yang pertama adalah Copyscape. Dimana, Copyscape ini menyediakan aplikasi pengecekan plagiat secara cuma-cuma alias gratis guna mencari salinan dari halaman website anda secara online. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi solusi untuk mencegah pencurian dan penipuan konten. Caranya juga sangat mudah, anda hanya cukup memasukkan alamat URL website dan secara otomatis aplikasi ini akan melakukan pengecekan tingkat kesamaan konten anda.

Mungkin konten atau artikel yang anda buat atau beli telah dicuri atau disalin dari website lain. Sehingga konten/artikel yang dipublikasikan serta disalin di website lain pastinya akan bisa menurunkan reputasi serta mempengaruhi peringkat konten anda di hasil pencarian. Nah, pengecekan dengan menggunakan aplikasi Copyscape ini agar konten/artikel yang anda buat tidak dikenali sebagai plagiat. Namun penggunaan mode gratis ini ada batasan jumlah penggunaan. Oleh karena itu, agar anda bisa mendapatkan akses yang lebih banyak, maka anda harus menggunakan layanan premium. Selain untuk pengecekan plagiat, aplikasi ini juga menyediakan layanan lainnya seperti Free Plagiarism Banner, Free Comparison Tool, Copysentry, Premium API, dan Copyscape Premium.

2. Writecheck

Aplikasi pengecekan plagiat selanjutnya adalah Writecheck. Dimana, website ini akan menyediakan pengecekan konten, kutipan, dan sumber yang digunakan secara cepat. Dengan demikian, anda bisa meningkatkan kualitas penulisan dengan menggunakan aplikasi ini. Selain sebagai alat untuk mengecek konten plagiat, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk pengecekan grammar. Dimana, anda bisa mendapatkan feedback instan soal tata bahasa, ejaan, dan penggunaan kata dalam konten yang anda buat.

Bukan hanya itu, fitur ini juga dilengkapi dengan buku panduan untuk penulis yang secara otomatis sudah terintregrasi. Bukan hanya untuk pengecekan dengan mesin, namun aplikasi ini juga menyediakan pengecekan secara manual oleh beberapa mentor profesional yang nantinya akan memberikan masukan soal konten yang anda sediakan. Untuk bisa menggunakan layanan aplikasi ini, anda harus membayar sebesar $7.95 setiap konten yang dikirimkan dengan beberapa variasi fitur serta pembayaran lainnya.

3. Dustball

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang mencari website pengecekan plagiat konten yang sederhana. Pada saat membuka website ini, anda akan disuguhkan berupa kolom untuk diisi teks yang ingin anda cek. Yang menariknya, selain bisa mengecek teks secara langsung, aplikasi ini juga bisa melakukan pengecekan dokumen Microsoft Word. Selain itu, cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, anda hanya tinggal Copy lalu Paste Teks apa pun (artikel, tugas, dan lain sebagainya) ke dalam box yang tersedia. Setelah itu klik tombol “Check the paper” lalu secara otomatis aplikasi akan melakukan pengecekan konten anda.

Namun perlu anda ingat! Ada batasan dalam penggunaan pengecekan menggunakan aplikasi ini. Jadi, saat melebihi yang sudah ditentukan, maka website akan memunculkan berupa peringatan “Free Limit Reached”. Adapun batasan penggunaan yang ditetapkan adalah 1000 kata setiap harinya di seluruh dunia. Agar tetap dapat menggunakan aplikasi ini, anda diminta melakukan subscribe dengan membayar sebesar $8 (lifetime) untuk biaya perawatan. Bukan hanya itu, fitur premium dari pengecekan plagiat ini memiliki hasil yang lebih akurat. Dimana, hasil pengecekan akan ditandai dengan adanya keterangan “OK” dan “Plagiarism?”. Apabila konten tersebut terindikasi plagiat, maka aplikasi ini akan memberikan peringatan “Plagiarism?”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *