Mengetahui penyebab, gejala dan cara menghindari infeksi virus corona

3 Golongan Orang yang Rentan Terserang Virus Corona


Virus corona adalah jenis virus. Ada banyak jenis yang berbeda, dan beberapa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Jenis yang baru diidentifikasi, disebut novel coronavirus 2019, telah menyebabkan wabah penyakit pernapasan baru-baru ini yang dimulai di Cina. Pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai virus baru ini yang menjadi momok di seluruh dunia.

Bagaimana penyebaran virus corona?

Informasi terbaru mengenai virus corona atau juga disebut 2019-nCoV, dapat ditularkan dari orang ke orang. Masih banyak yang tidak diketahui, termasuk seberapa besar tingkat menularnya. Penyebaran virus corona baru ini sedang dipantau oleh Centers for Disease Control (CDC), Organisasi Kesehatan Dunia dan organisasi kesehatan seperti Johns Hopkins di seluruh dunia. Pada 30 Januari, Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan wabah virus corona ini sebagai darurat kesehatan masyarakat.

Apa penyebab dari virus corona baru ini?

Virus corona muncul di Wuhan, yang merupakan sebuah kota di Cina, pada Desember 2019. Meskipun para pejabat kesehatan masih menelusuri sumber pasti dari penyebab virus corona baru ini, hipotesis awal mengira itu mungkin terkait dengan pasar makanan laut di Wuhan, Cina. Karena pada dasarnya pasar tersebut tidak hanya menjual ikan saja, tetapi pasar tersebut juga menjual daging babi, sapi, anjing, ular, kelelawar dan yang lainnya dan perlu diketahui juga bahwa virus ini tidak dapat menular pada hewan aquatik. Beberapa orang yang mengunjungi pasar mengembangkan pneumonia virus yang disebabkan oleh virus corona. Sebuah studi yang keluar pada 25 Januari 2020, mengatakan bahwa individu yang dilaporkan pertama mengidap infeksi corona pada 1 Desember 2019, tidak memiliki hubungan dengan pasar makanan laut yang ada di wuhan tersebut. Sehingga Investigasi masih berlangsung tentang bagaimana virus ini berasal dan menyebar. Virus ini mungkin awalnya muncul dari hewan  tetapi sekarang tampaknya menyebar dari orang ke orang. Virus ini telah terdeteksi pada orang-orang di seluruh China dan 27 negara lain.

Berapa lama periode inkubasi virus corona ini?

Tampaknya gejala muncul pada orang dalam waktu 2 hari sampai dengan 14 hari setelah terpapar virus.

Apa saja gejala coronavirus novel 2019?

Virus corona baru ini menyebabkan pneumonia virus, dengan gejala:

  • Batuk
  • Demam
  • Sesak napas

Dalam kasus yang jarang terjadi, itu dapat menyebabkan masalah pernapasan yang parah, gagal ginjal atau kematian.

Jika kalian yakin memiliki gejala-gejala ini dan kalian telah pergi ke Wuhan, Cina, dalam 14 hari, hubungi penyedia layanan kesehatan segera.

Bagaimana virus corona didiagnosis?

Virus corona ini tidak bisa didiagnosis hanya dengan melihat gejala fisik, karena gejalanya ini mirip dengan flu atau pilek, sehingga diperlukan pengecekan lebih dalam lagi di laboratorium.

Bagaimana cara pengobatan virus corona baru pada tahun 2019?

Sampai sekarang, tidak ada pengobatan khusus untuk virus tersebut. Orang yang menjadi sakit karena virus korona ini harus dirawat dengan langkah-langkah yang mendukung, mereka yang menghilangkan gejala. Untuk kasus yang parah, mungkin ada opsi tambahan untuk perawatan, termasuk obat-obatan ARV

Apakah coronavirus novel 2019 menyebabkan kematian?

Pada 4 Februari 2020, 425 kematian telah dikaitkan dengan virus corona.

Bagaimana Anda melindungi diri dari coronavirus novel 2019?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memiliki saran berikut:

  • Cuci tangan kalian secara teratur dan menyeluruh setidaknya selama 20 detik. Gunakan pembersih tangan berbasis alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.
  • Tutupi batuk dan bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut kalian dengan tangan yang tidak dicuci
  • Tetap di rumah saat kaliansakit
  • Bersihkan dan disinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *