Perhatikan Nutrisi Penting Ini Sejak Awal kehamilan!

Awal kehamilan janin baru mengalami pembentukan. Bahkan, beberapa wanita tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Padahal masa ini termasuk fase yang penting dalam kehamilan. Jika tidak diperhatikan dengan baik, proses kehamilan hingga persalinan bisa jadi akan bertambah berat.

Oleh karena itu, Anda yang sudah menikah harus memperhatikan betul jadwal menstruasi. Beberapa saat saja terjadi kehamilan, segeralah lakukan pemeriksaan. Saat ini banyak cara menentukan kehamilan tanpa harus ke dokter.

Nah, saat Anda benar-benar dipastikan hamil baik oleh dokter maupun tes sendiri, sebaiknya nutrisi atau asupan makanan mulai dijaga. Beberapa multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan yang perlu Anda perhatikan dalam diet sehari-hari, yaitu:

  • Asam Folat

Asam folat mempunyai fungsi yang penting bagi janin hingga lahir kelak. Mineral ini menjaga agar bayi tidak lahir cacat yang dipengaruhi oleh saraf otak dan sumsum tulang belakang.

Dalam makanan sehari-hari, asam folat terdapat dalam bayam dan brokoli. Namun, para ahli kesehatan menganjurkan agar konsumsi asam folat hingga 600 mg sehari selama kehamilan. Anda memerlukan asam folat dalam asupan berupa suplemen.

  • Protein

Dalam ilmu kesehatan, protein dikatakan sebagai zat pembangun dan pelindung tubuh. Dengan protein yang cukup bagi tubuh, terutama janin dapat membangun sel, jaringan, organ, dan sistem organnya secara sempurna. Selain itu, protein juga melindungi tubuh dengan meningkatkan kekebalannya.

Protein dapat dengan mudah ditemui dalam makanan Anda seperti tahu, tempe, ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, dan susu serta olahannya.

  • Vitamin A

Hampir sama dengan protein, vitamin A membantu ibu hamil dan janin dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Vitamin ini selain banyak terdapat pada sayuran hijau, juga ada dalam minyak ikan. Namun, Anda tidak perlu suplemen vitamin A. Kelebihan vitamin A dapat membahayakan kehamilan.

  • Kalsium dan Vitamin D

Pada sistem tubuh, kalsium dan vitamin D saling bekerja sama untuk kesehatan tulang dan gigi janin. Jika tidak cukup, janin akan mengambilnya dari tubuh Ibu sehingga kesehatan ibu akan bermasalah.

Selain itu, kalsium dan vitamin d juga berperan dalam pengembangan sistem syaraf.

Kalsium dan vitamin D terbanyak terdapat pada ikan, daging, dan susu.

  • Zat Besi

Meski kelihatannya sepele, zat besi bagi ibu hamil sangat penting. Lebih dari 50 persen ibu hamil kekurangan zat besi akan mengalami anemia yang ditandai dengan letih dan lesu. Pada tingkat parah, anemia menyebabkan kematian janin, bayi lahir prematur, dan persalinan dengan perdarahan.

Anda dapat memenuhi zat besi dari konsumsi daging ayam, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Namun, biasanya dokter selalu memberikan suplemen zat besi bagi ibu hamil.

Itu Lah 5 nutrisi penting ibu hamil yang harus dipenuhi sejak awal kehamilan. Bagaimana dengan ibu hamil yang mengalami mual dan muntah? Mintalah saran dokter untuk mengatasinya dengan obat seperti pada https://www.goapotik.com/promo/domperidone.  Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *