Fakta Menarik Nadiem Anwar Makarim

Nadiem Anwar Makarim salah satu nama yang banyak keluar di berita hari ini. Bertepatan dengan diumumkannya  jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju masa jabatan 2019-2024 oleh presiden Joko Widodo, nama Nadiem menjadi sorotan banyak Pihak. Hal ini disebabkan karena Nadiem dinyatakan ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). 

Nadiem dikenal oleh kebanyakan orang melalui perusahaan yang dia dirikan yakninya Gojek. Selain sebagai pendiri Gojek banyak fakta menarik lainnya tentang Nadiem yang perlu kalian ketahui, yakninya 

  1. Latar Belakang Keluarga

Nadiem Anwar Makarim merupakan putra dari Nono Anwar Makarim yang merupakan seorang aktivis dan pengacara terkenal yang lahir di Pekalongan. Meski lahir di Pekalongan Nano Anwar Makarim pada dasarnya memiliki darah Minang dari sang ayah dan darah Arab dari Ibunya. Kemudian Nadiem Makarim lahir dari seorang ibu bernama Atika Algadrie yang berprofesi sebagai penulis lepas. 

Nadiem Makarim saat ini juga telah memiliki seorang istri bernama Franka Franklin. Dari pernikahan ini mereka telah memiliki seorang anak bernama Solara Franklin Makarim

  • Pendidikan

Nadiem memulai pendidikan Sekolah Dasarnya di Jakarta. Namun dia kemudian menyelesaikan pendidikan SMA nya di Singapura. Setelah itu dia diketahui pada tahun 2002 dia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. Selama setahun saat itu dia sempat mengikuti program pertukaran pelajar di London School of Economics. Nadiem berhasil mendapat gelar sarjananya pada tahun 2006. Lalu dia kembali melanjutkan pendidikannya di Harvard Business School, Harvard University. Dia pun berhasil lulus dan mendapat gelar Master Business Of Administration (MBA). 

  • Karir

Nadiem memulai karirnya sebagai konsultan manajemen pada tahun 2006 di McKinsey & Company di Jakarta. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan konsultan bertaraf internasional, dan Nadiem menghabiskan waktunya selama 3 tahun untuk bekerja di sana. Setelah itu dia pindah ke Zalora Indonesia dan menjabat sebagai Co-founder dan Managing Editor selama kurang lebih satu tahun. Setelah dari Zalora dia pindah ke perusahaan KartuKu dan mendapat posisi sebagai Chief Innovation Officer (CIO). Nadiem bekerja di perusahaan layanan pembayaran nontunai itu sampai tahun  2014. Namun selama berpindah-pindah perusahaan Nadiem juga telah mulai mendirikan startup sendiri sejak tahun 2010 yakninya Gojek. Gojek saat ini telah menjadi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang saat ini berhasil menjadi perusahaan rintisan terbesar di Indonesia. Setelah lama fokus pada Gojek, kini di tahun 2019 Nadiem resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). 

Jadi itu dia 3 fakta terkait Nadiem Makarim yang perlu kalian ketahui, nah selain itu berita hari ini juga membahas salah satu gebrakan baru yang akan dilakukan oleh Nadiem sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nadiem menjelaskan bahwa dia akan menjalankan visi Presiden Jokowi dalam pendidikan, yakni menciptakan link dan match antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Menurutnya dia akan berusaha menyambungkan apa yang dilakukan institusi pendidikan dengan apa yang dibutuhkan di luar institusi pendidikan tersebut. 

Nah jadi itu beberapa isu terkait Nadiem yang sedang banyak dibahas dalam berita hari ini. untuk kalian semua yang ingin tahu informasi lebih lengkapnya bisa tonton di Vidio.com. Banyak berita hari ini yang ditayangkan lengkap di Vidio.com. Semua berita itu juga dapat kalian akses dengan mudah dan bahkan gratis.

Kalian cukup instal aplikasi Vidio.com di HP melalui Play Store dan nikmati semua tayangan yang tersedia. Yang jelas di Vidio.com bukan cuma berita hari ini aja yang bisa kalian lihat, tapi masih banyak konten tayangan lain yang bisa menjadi pilihan kalian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *