Rekomendasi 4 Jenis Pinjaman Dana yang Paling Diminati di Indonesia


https://lh5.googleusercontent.com/vVnqYznR-JLDZU1bose1t8oKDwgmdZQQoX1ao_vVKKLvNGm3A1FL2WfbVncXNlvt72puuGo0WKx3ofzHDFqg-HpFlH2_TYhhzA1Z2WMR8_T3DbwqjwDUFbcbWwxzeFoFlFLEESYd

Bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dana, selain mengetahui kredibilitas dari sebuah lembaga pinjaman, kamu juga perlu tahu jenis pinjaman apa yang paling kamu butuhkan. Sebab, dengan mengetahui jenis pinjamannya, pengajuan pinjaman akan jadi lebih tepat sasaran dan limit yang didapat bisa sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Sekarang, kamu dapat mencoba membuat coret-coretan yang berisi tentang tujuan pinjaman, berapa besaran yang dibutuhkan, berapa besaran angsuran yang mampu kamu bayarkan tiap bulan beserta lama tenornya, dan berapa tingkat suku bunga angsuran yang diharapkan? Secara garis besar, jenis pinjaman dana yang paling diminati di Indonesia terbagi menjadi empat. Dari coret-coretan rencana pinjaman tersebut, yuk dicek, mana jenis pinjaman yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Pinjaman Dana Online

Pinjaman dana online adalah jenis pinjaman yang diselenggarakan oleh perusahaan fintech yang mulai populer di Indonesia sejak tiga tahun belakangan. Fintech sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, namun, yang paling diminati dan terkenal di masyarakat adalah peer-to-peer landing atau fintech yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan pencari pinjaman. 

Alasan mengapa pinjaman dana online termasuk yang paling diminati adalah karena proses pendaftarannya yang gampang dengan waktu pencairan pinjaman yang cukup cepat. Bisa cair dalam waktu satu hari kerja, seperti yang ditawarkan Kredivo

Umumnya, yang menjadi kriteria dari pinjaman dana online adalah rata-rata fintech pemberi pinjaman ini memberikan limit yang terbatas kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tenor yang singkat, serta suku bunga yang di atas rata-rata. Mengapa? Sebab, pinjaman berbasis online termasuk jenis pinjaman kilat (tanpa jaminan dan persyaratan mudah) yang risiko kredit terjadi kredit macetnya juga cukup tinggi. Oleh karena itulah, limitnya dibatasi dan risiko kreditnya dicover oleh bunga yang tinggi dengan tenor singkat. 

Kredivo adalah salah satu fintech kredit digital dan pinjaman tunai yang bisa memberikan limit hingga Rp 30 juta bagi pengguna Premium. Limit yang diberikan Kredivo berbentuk nontunai. Pengguna dapat mencairkan limit menjadi pinjaman apabila dibutuhkan melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang tersedia di aplikasi Kredivo. Minimal pengajuan pinjaman adalah sebesar Rp500.000 untuk pinjaman mini dengan waktu pengembalian maksimal 30 hari. Sementara minimal pengajuan pinjaman untuk pinjaman jumbo adalah sebesar Rp 1 juta dengan pilihan tenor pengembalian 3 & 6 bulan. Suku bunga angsuran yang diterapkan Kredivo sifatnya tetap yaitu 2,95% per bulan.

Yang menarik dari Kredivo salah satunya adalah kamu dapat meminjam dana maksimal sesuai jumlah limit yang kamu miliki untuk tenor 6 bulan. Katakanlah keseluruhan limit yang kamu dapat adalah Rp 20 juta, sementara yang tersedia untuk tenor 6 bulan ada Rp 10 juta. Ini artinya, pinjaman maksimal yang bisa kamu ajukan adalah sebesar Rp 10 juta dengan tenor maksimal 6 bulan. Pengajuan pinjaman dengan Kredivo akan langsung cair ke rekening yang terdaftar dalam waktu minimal 1 hari kerja sejak pengajuan disetujui. Namun, fitur ini hanya berlaku bagi akun Premium. Jadi, apabila tertarik, saat daftar akun Kredivo melalui aplikasinya, pastikan kamu memilih daftar untuk akun Premium ya. 

Kredit Usaha Rakyat atau Pinjaman Dana untuk Modal Usaha

Pinjaman modal usaha atau yang biasa dikenal dengan KUR (Kredit Usaha Rakyat) merupakan jenis kredit atau pinjaman yang diperuntukkan bagi pengusaha mikro, kecil, hingga menengah. Jenis pinjaman ini merupakan kebijakan yang dibuat pemerintah agar mendorong terciptanya lapangan pekerjaan oleh berbagai pengusaha sehingga sekaligus bisa sedikit demi sedikit mengatasi kemiskinan. 

Bank-bank negara seperti BNI dan BRI adalah salah dua dari lembaga resmi yang memiliki program KUR bagi pengusaha mikro hingga menengah yang membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan bisnisnya. Untuk bisa mengajukan KUR, umumnya, kamu perlu menyertakan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Limit pinjaman untuk KUR berkisar mulai puluhan juta hingga ratusan juta. Umumnya, KUR juga memiliki tingkat suku bunga yang lebih bersahabat (kisaran 7% per bulan) dengan tenor lebih panjang (maksimal 60 bulan). 

Pinjaman Dana dengan Agunan

Seperti namanya, pinjaman dana dengan agunan merupakan jenis pinjaman yang pengajuannya memerlukan barang atau aset berharga yang bisa dijadikan jaminan. Besar kecilnya limit pinjaman yang bisa kamu dapatkan lewat jenis pinjaman ini sangat bergantung pada nilai aset yang dijaminkan. Aset yang umum dijadikan agunan biasanya adalah surat rumah, surat tanah, kendaraan, dan surat berharga atau saham. Lembaga keuangan yang menawarkan jenis pinjaman tanpa agunan juga beragam, mulai dari bank, pegadaian, leasing, dan masih banyak lagi.

Jenis pinjaman dengan jaminan ini cocok dimanfaatkan oleh kamu yang butuh dana besar, baik untuk kebutuhan produktif maupun kebutuhan lain seperti biaya berobat, membangun rumah, dan sebagainya. Sebab, potensi pinjaman untuk disetujui lebih tinggi karena adanya jaminan. Namun, penting untuk diingat bahwa risiko dari pinjaman ini juga cukup besar. Apabila terjadi kredit macet beberapa bulan berturut-turut sesuai waktu yang ditentukan, akan ada penyitaan terhadap aset yang sudah kamu jaminkan. 

Pinjaman Dana Tanpa Agunan atau KTA

Kebalikan dari pinjaman dengan jaminan, KTA adalah jenis pinjaman cepat tanpa perlu menjaminkan aset berharga apa pun. Namun, KTA biasanya memberikan persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit minimal selama setahun atau calon debitur memiliki rekening payroll di bank tertentu. Sama seperti pinjaman dengan agunan, KTA umumnya ditawarkan oleh bank, leasing, hingga lembaga multifinansial swasta sejenisnya. Sebagian besar orang mengajukan KTA cenderung untuk tujuan konsumtif seperti pernikahan, renovasi rumah, hingga pergi liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *