Yuk, Kita Kenali Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh


Bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat kita selalu menyimpan bawang putih di ruangan dapur. Ya, hal itu memang benar adanya, dimana keberadaan bawang putih ini tidak bisa lepas dari ruangan dapur. Sebab, bawang putih tersebut sering dijadikan bahan bumbu untuk berbagai jenis makanan seperti tumis kangkung, sayur bayam, dan lain sebagainya. Dibalik semua itu, ternyata bawang putih ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita lho. Lantas, manfaat seperti apa sajakah dari bawang putih tersebut? Nah, biar kalian tidak penasaran tentang manfaat bawang putih, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Mengatasi Masalah Kerontokkan Rambut

Manfaat pertama dari bawang putih yang harus kalian kenali, yaitu dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Kondisi rambut rontok yang terus dibiarkan, lambat laun akan membuat ketebalan rambut menjadi menipis. Tentu saja kalian tidak ingin hal itu terjadi kan? Nah, bagi kalian yang memiliki masalah rambut rontok, sudah saatnya atasi dengan menggunakan pasta bawang putih. Adapun mengenai cara membuat dan cara menggunakan pastanya seperti di bawah ini.

Sediakan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pasta bawang putih tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat perlahan, lalu tutup kepalamu dengan cup shower, dan diamkan kurang lebih selama 30 menitan. Setelah demikian, segera bilas kembali kepalamu dengan air dan shampoo sampai bersih.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kondisi jerawat merupakan sebuah masalah yang dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Ya, terutama untuk para remaja, dimana merekalah yang paling rentan terkena serangan jerawat di wajahnya. Tentu saja kehadiran jerawat di wajah ini dapat mengurangi penampilan kita. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang dapat membunuh kuman serta mengurangi kadar sebum berlebihan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Berikut dibawah ini ada cara membuat dan cara menggunakan maskernya.

sediakan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai hancur. Oleskan tepat pada bagian jerawatnya, tunggu kurang lebih selama 25 menit, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. Selain dapat mengatasi jerawatnya, masker bawang putih ini juga dapat mengatasi bekas jerawat.

3. Meminimalisir Resiko Penyakit Kanker

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Berdasarkan dari hasil penelitian, bawang putih mentah memiliki senyawa  bernama sulphur bioaktif yang dapat menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bawang putih mentah secara rutin dan teratur, tentunya dapat meminimalisir resiko penyakit kanker. Terdapat beberapa jenis penyakit kanker yang dapat diminimalisir dengan bawang putih seperti kanker pankreas, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat berikutnya dari bawang putih yang harus kalian kenali, yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Ya, hal ini dikarenakan kandungan SAC pada bawang putih, yang bertugas untuk melindungi otak dari berbagai kerusakan kognitif seperti penumpukan plak dan zat berbahaya yang ada pada sistem saraf pusat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh, yang semoga saja bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *