Cawapres Sandiaga Uno Bongkar Strategi Mendekati Millennial Di Acara IMS 2019


Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa IDN Times menggelar acara Indonesia Millennial Summit 2019 dengan tema “ Shaping Indonesia Future”, dan acara ini akan digelar pada 19 Januari di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta.

Dalam acara Indonesia Millennial Summit 2019 ini akan menghadirkan lebih dari 50 pembicara yang sangat kompeten di bidangnya. Mulai dari ekonomi, politik, agama, sosial, bisnis, olahraga, budaya, lingkungan hidup, hingga kepemimpinan kaum millennial. Selain itu acara ini juga akan dihadiri oleh 1.500 an pemimpin millennial. Yang menariknya, dalam IMS 2019 ini IDN Times juga akan meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Dimana survey ini akan dilakukan oleh IDN Research Institute, yang bekerjasama dengan Alvara Research Center. Survey yang melibatkan 1400an responden di 12 kota di Indonesia ini, pihak IDN Times akan mencoba untuk menggali aspirasi serta DNA millennial Indonesia. Survey ini sendiri dilakukan pada periode 20 Agustus hingga 6 September 2018 dengan margin of error 2,62%.

Pada kesempatan ini, William Utomo yang merangkap sebagai Cheif Operations Officer (COO) IDN Times memaparkan bahwa hasil survey Indonesia Millennial Summit 2019 yang dirangkum dalam buku Millennial Report sebagai berikut : “ Hanya satu dari empat yang mengikuti berita terkini maupun berita politik,” Dengan hasil survey yang dilakukan tersebut, menunjukkan bahwa para generasi millennial Indonesia ini memiliki rasa optimisme yang sangat tinggi terhadap keberagaman di Indonesia. “ Sebanyak 89% millennial optimis akan kehidupan keberagaman di Indonesia,” ujar William mengutip hasil survey. Selain itu pada kesempatan ini juga, William telah menyerahkan buku Millennial Report kepada Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, yang juga hadir untuk membuka acara Millennial Summit 2019. Dan Millennial Report ini nantinya bisa diakses oleh kaum millennial Indonesia. William juga berharap, Millennial Report ini bisa bermanfaat bagi kepentingan bangsa Indonesia untuk supaya lebih maju.

Dari sekian banyak narasumber yang mengisi acara IMS 2019 kali ini, ada salah satu narasumber yang masih muda dan pintar. Selain itu juga beliau adalah Cawapres dari pasangan nomber urut 02, yakni Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga Uno merupakan seorang pengusaha yang berusia 49 tahun dan beliau juga merupakan mantan Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno lahir di Sumatra tetapi memiliki akar di pulau besar lainnya yaitu Sulawesi. Sehingga, hubungannya dengan dua wilayah tersebut dapat menambahkan daya tariknya bagi hampir separuh dari warga negara yang tinggal di luar pulai Jawa yang dimana banyak yang kesal dengan dominasi Jawa yang telah bertahan lama. Yang penduduk awalnya adalah William Soerjadjaja, pendiri Astra yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Sandiaga Uno juga memiliki pendidikan dengan gelar MBA gari George Washington University Amerika Serikat, dan beliau juga berkerja di perbankan investasi sebelum mendirikan perusahaan ekuitas swasta pada tahun 1998 setelah krisis keuangan Asia. Dalam satu dekade, beliau juga bergabung dengan jajaran orang-orang superkaya di Indonesia. Meskipun setelah mengalami pemutusan hubungan dengan beberapa mitra bisnis, yaitu Majalah Globe Asia yang memperkirakan kekayaannya mencapai $500 juta pada Juni 2018.

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno, pada sesi Engaging The Next Generation Of Leaders di acara IMS 2019 mengatakan bahwa para millennial akan mengambil keputusan  pilihannya di akhir. “ Millennial itu milihnya di akhir, yang menarik mereka suka nonton debat, setelah melihat lima kali debat baru memutuskan pilihannya,” ujar Sandiaga Uno di IMS 2019.

Dalam hal ini Sandiaga Uno tidak merasa khawatir dengan hal itu karena beliau mengaku memiliki strategi khusus. Beliau bilang untuk mendapatkan perhatian para kaum millennial, beliau harus melakukan 3 hal. Yakni Otentik, relevan, dan melakukan hal yang nyambung dengan millennial, yang viral,” tambah Sandiaga Uno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *