Penyebab Susu Kental Manis Selama Ini Diiklankan Sebagi Minuman Sehat

kandungan-susu-kental-manis-doktersehat

Badan Pengawas obat dan makanan atau BPOM telah mengeluarkan pernyataan tentang larangannya terhadap iklan susu kental manis atau SKM yang disetarakan dengan produk susu berprotein. Adanya larangan ini menimbulkan pertanyaan mengapa tindakan tegas ini sekarang baru muncul. Iklan dari produk susu ini sering dinarasikan sebagai minuman bernutrisi atau sarapan sempurna atau pilihan yang oke. Tetapi produk susu ini kandungan gulanya tinggi jika dibandingkan dengan kandungan protein yang ada didalamnya. Sehingga akhirnya Kementerian Kesehatan tidak mengkategorikan susu ini sebagai produk susu bernutrisi penambah gizi.

Lalu apa yang menyebabkan produk kental manis selama ini diiklankan sebagai minuman yang sehat dan bermanfaat bagi anak dan keluarga? Berikut beberapa penyebab susu kental manis tidak baik selama ini diiklankan sebagi minuman sehat diantaranya yaitu :

  • Adanya Peranan Biro Iklan

Didalam penyebaran informasi yang menyesatkan seperti didalam iklan produk kental manis tentunya adanya peranan dari biro iklan. Tetapi Heri Margono selaku sekretaris Jenderal Persatuan Periklanan (P3I) berkilah tentang hal itu. Menurutnya konsep iklan dan sebagainya memang dibuat oleh biro iklan tetapi sebelum nanti diproduksikan tentu saja akan dilibatkan juga pengiklannya.Tambahnya lagi apa yang dibuat biro iklan itu biasanya berdasarkan informasi yang telah diberikan pengiklan sehingga informasi yang dimiliki oleh biro iklan tidak sedalam dari pengetahuan yang dimiliki orang orang ahli.

  • Adanya Peranan KPI

Adanya pernyataan dari BPOM yang mengatakan jika iklan iklan yang tidak benar dan menyesatkan ini oleh KPI atau Komisi Penyiaran Indonesia tidak dihentikan begitu saja. Yuliandre Darwis selaku Ketua KPI menyatakan jika badannya tidak akan bisa melakukan tindakan jika badan pengawas terkait tidak memberikan legitimasi. Badannya akan melakukan tindakan jika sudah ada pembuktian bahwa sebuah produk tisak layak dan adanya pernyataan dari BPOM bahwa itu adalah sesuatu yang tidak benar. Yuliandre mengambil contoh lainnya selain produk kental manis yaitu iklan iklan politik yang harus sesuai dengan apa yang telah ditentukan KPU. Yuliandrie juga menambahlan jika KPI hanya bisa memberikan tindakan selama adanya penyelewengan pedoman penyiaran dan standar program siaran.

Itulah beberapa penyebab susu kental manis sehat yang selama ini diiklankan. Produk iklan ini memang menggiurkan karena selain rasanya yang enak tetapi juga harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan susu tinggi protein lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *