Begini Cara Coating Mobil Sendiri Mudah dan Cepat

Memiliki mobil adalah impian setiap orang. Apalagi bagi mereka yang memiliki ekonomi terbatas. Sayangnya, masih ada banyak pemilik mobil yang tak memiliki kesadaran baik pada persoalan perawatan mobil. Kebanyakan hanya fokus pada bagian tertentu saja. biasanya bagian mesin.

Padahal merawat mobil tak melulu fokus pada mesin mobil saja. Karena ternyata merawat cat mobil agar tahan lama dan tak mudah pudar juga membutuhkan perawatan khusus. Tak perlu membawanya ke salon, karena kamupun dapat melakukannya sendiri dirumah. Coating mobil merupakan cara untuk memberikan lapisan coating pada permukaan cat mobil sehingga tampilannyapun menjadi kinclong, tidak kusam dan enak dipandang.

Cara Coating Mobil Sendiri

Selain itu, dengan menggunakan nano ceramic coating pada cat mobil juga membuat mobilmu menjadi water repellent, mempunyai daya tahan yang kuat terhadap goresan, anti terhadap sinar ultra violet, serta mempunyai kilap yang tahan lama. Lantas bagaimana sih prosesnya? Inilah cara coating mobil sendiri mudah dan cepat.

  1. Pertama cuci mobil terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran yang menempel pada permukaan bodi.
  2. Lakukan proses detailing untuk mengangkat residu dan oksidasi yang tersisa.
  3. Selanjutnya lakukan polish mobil agar baret-baret halus yang ada pada permukaan mobil hilang. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu dapat menggunakan mesin poles karena mempunyai tekanan putaran yang lebih konstan.
  4. Kemudian mulai lakukan proses waxing. Proses waxing ini opsionalnya, jadi dapat kamu lakukan ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan.
  5. Mulailah melakukan proses coating mobil sendiri.
  6. Proses coating mobil bersifat permanen, berbeda dengan wax.
  7. Biasnya proses coating dilakukan dalam ruangan yang tertutup untuk mencegah debu dan kotoran yang menempel. Pilih ruangan dengan suhu sekitar 25 derajat celcius dengan penerangan yang merata.

Setelah seluruh proses diatas selesai, biasanya akan dilakukan proses maintenance. Pelapisan coating biasanya dilakukan beberapa kali. Lapisan pertama digunakan sebagai layer dan teksturnya lebih keras agar mampu bertahan lama. Bahkan untuk menghilangkan lapisan ini kita harus mengeroknya. Kemudian untuk lapisan kedua kita dapat menggunakan bahan yang lebih soft dan dapat luntur sewaktu-waktu. Ini sebabnya sangat penting dilakukan maintenance untuk mengecek daya tahan pada lapisan kedua ini. Oh ya sebaiknya kamu melakukan nano ceramic coating saat mobil masih dalam kondisi baru ya. Karena hasilnya akan lebih maksimal.

Memang sih kita dapat melakukan coating mobil sendiri dirumah. Namun untuk mendapatkan hasil coating yang bagus, alangkah lebih baiknya kamu membawanya ke salon mobil dengan tenaga professional. Salah satu tempat yang cukup rekomendasi untuk nano ceramic coating mobil adalah di lumens auto detailer. Disana kamu akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *