4 langkah sederhana, bye wajah kusam

Wajah yang sehat, mulus dan glowing merupakan dambaan kaum wanita. Namun hal ini tidaklah mudah untuk diwujudkan, sebab setiap kulit memiliki jenis dan permasalahan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah terlihat gelap dan kusam. Hal ini sering bikin anda tidak pede. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, diantaranya terpapar sinar matahari secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang, sering terkena polusi dan debu, penumpukan sel kulit mati, pemakaian skincare yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan penggunaan produk kecantikan wajah yang tidak tepat.

Masalah tersebut tak perlu dirisaukan sebab dengan pemilihan skincare yang sesuai jenis kulit serta melakukan perawatan rutin di rumah bisa menjadi solusinya. Namun jika anda yang bingung bagaimana cara untuk melakukannya, yuk simak tips langkah sederhana menghilangkan wajah kusam:

  1. Cleanser

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel pada wajah dengan menggunakan cleanser.Tujuannya agar bebas dari polusi yang melekat pada kulit. Waktu perawatan dalam sehari cukup dua kali yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Selain itu, gunakan produk sesuai dengan kebutuhan. Penampilan kusam lebih cenderung terlihat pada kulit kering, maka dari itu sebaiknya pilih 3 tipe pembersih yaitu cleansing oil, cleansing milk, dan cleansing balm.

  1. Toner

Pemakaian cleanser belum menjamin kebersihan wajah, maksimalkan hasil perawatan dengan menggunakan toner. Secara umum fungsinya untuk mengembalikan kondisi kulit (pH) setelah proses cuci muka, mengangkat sel kulit mati dan memberi hidrasi pada kulit. Bagi anda yang memiliki wajah kusam, acid toner bisa menjadi solusinya. Kandungan bahan asam (acid) AHA, BHA dan PHA dapat membantu eksfoliasi harian.

Adanya zat tersebut pada produk juga perlu anda cermati terutama kaum muslimah. Jika dalam proses pembuatan bahan tersebut berasal dari media  hewan (termasuk yang dilarang dalam pandangan Islam), maka hukumnya haram. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih skincare halal yang tersertifikasi oleh MUI.

  1. Serum

Serum merupakan salah satu perawatan yang wajib banget dilakukan. Sebab mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, dan mudah sehingga wajah akan terlihat lebih cerah. Aplikasikan 1-2 tetes, kemudian tepuk pipi secara perlahan.

 Moisturizer

Kelembapan kulit juga menjadi satu cara menjaga kulit dari kusam. Aplikasi Moisturizer bisa menjadi solusinya. Anda dapat memilih produk yang tidak terlalu oily agar tidak membuat wajah menjadi terlihat mengkilap. Selain itu, tekstur ringan, juga memudahkan dalam beraktivitas ataupun pada malam hari sebelum tidur.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *