Tips Cerdas Menyusui untuk Bayi yang Mulai Tumbuh Gigi

Kegiatan menyusui pastinya akan semakin memperkuat ikatan antara ibu dengan anaknya. Namun sayangnya, dengan perkembangan si bayi maka gigi juga akan ikut tumbuh. Hal inilah yang seringkali membuat kegiatan menyusui menjadi menyakitkan bagi si ibu karena puting yang mengalami lecet. Tenang saja, berikut ada beberapa tips cerdas untuk menghindarinya.

  1. Berikan Sesuatu untuk Dikunyah Bayi

Tips cerdas pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak sakit ketika menyusui adalah dengan memberikan sesuatu kepada si bayi untuk dikunyah. Tentunya barang yang diberikan harus aman untuk dikunyah. Mulai dari lap dingin hingga makanan khusus bayi yang bisa dijadikan untuk alat mengunyah sementara.

Hal ini dilakukan bukannya tanpa alasan, karena bayi yang sudah terlebih dulu mengunyah sesuatu maka tidak akan terlalu berniat untuk menggigit sesuatu lagi. Dalam arti kata lain, ketika dia sedang menyusui maka kecil kemungkinannya dia akan menggigit puting susu si ibu. Hal ini pastinya akan memberikan kenyaman lebih bagi si ibu ketika menyusui.

  1. Cobalah Memijat Gusi Bayi

Masih dalam tahap sebelum menyusui maka usahakan untuk mencoba memijat gusi bayi terlebih dulu. Hal ini untuk mencegah rasa tidak nyaman pada bayi karena tumbuhnya gigi pada gusi. Rasa tidak nyaman tersebutlah yang seringkali diekspresikan oleh bayi dengan cara menggigit. Hanya saja ketika memijat gusi bayi ini perhatikan kebersihan tangan Anda juga.

Sangat disarankan untuk mencuci tangan terlebih dulu bahkan kalau perlu menggunakan pembersih khusus tangan. Hal tersebut dilakukan semata demi menjaga kebersihan dan mencegah kuman yang masuk ke mulut si bayi melalui tangan Anda.

  1. Pastikan Posisi Si Bayi

Posisi bayi ketika menyusui juga mesti diperhatikan agar tidak menggigit nantinya. Posisi yang paling benar adalah dengan menopang beratnya dengan sempurna dan posisi kepalanya lebih tinggi dari tubuhnya. Jika diperlukan, memberikan bantal untuk kepalanya juga tidak masalah untuk dilakukan agar kenyamanan bisa didapatkan.

  1. Bantu Si Bayi Menghisap

Tips berikutnya yang patut dicoba adalah dengan membantu bayi Anda bisa menghisap dengan baik. Biasanya bayi yang menggigit karena posisi menghisapnya yang kurang nyaman. Anda cukup mengeluarkan lidah si kecil terlebih dulu sebelum menghisap puting. Posisi ini akan membuat bayi lebih nyaman dan mengurangi risiko si bayi dalam menggigit.

  1. Beri Peringatan pada Bayi

Terakhir adalah dengan memberi peringatan pada bayi apabila dia mulai menggigit putting ketika sedang menyusui. Tentu peringatan ini tidak perlu dengan kata-kata kasar yang akan membuat bayi menangis. Cukup dengan mengeluarkan puting susu dari mulut bayi, pastinya akan membuat bayi menyadari bahwa tindakannya membuat si ibu tidak nyaman.

Kebutuhan bayi yang sedang menyusui tentu bukan semata ASI, tapi berbagai perlengkapan lainnya juga patut dibelikan. Tenang saja, tidak perlu bingung untuk mencarinya karena website Orami menyediakan produk perlengkapan bayi yang lengkap. Apalagi dengan adanya promo lebaran sale yang menjanjikan potongan harga menarik untuk berbagai produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *