Sejarah Internet Di Indonesia

Hasil gambar untuk gig.id internet

Bagi anda yang lahir di tahun dibawah 2000 pasti anda tahu bahwa komunikasi jarak jauh sangat lah sulit. Untuk berkomunikasiĀ  jarak jauh kita harus menggunakan surat dan telepon kabel. Menggunakan surat memerlukan waktu yang lama untuk informasi itu sampai dan dibalas. Menggunakan telepon kabel , tidak semua orang mempunyai telepon , dan biaya telepon pun sangat mahal. Tetapi sekarang setalah ada internet semua menjadi mudah. Hampir semua provider di Indonesia menyediakan paket paket internet dan tv kabel setiap bulannya dengan harga paket wifi dirumah yang murah Tetapi apakah kalian tahu bagaimana sejarah internet di Indoneisa ?

Internet di Indonesia mulai berkembang pada tahun 1980-an . Tetapi pada tahun 1983 Joseph Luhukay pertama kali melakukan koneksi internet di Indonesia. Joseph mengembangkan internet di Universitas Indonesia tahun tahun 1984 beliau berhasil menghubungkan internet Indonesia ke global, ini menjadi prestasi yang sangat membanggkan bagi Indonesia karena Indonesia merupakan Negara Asia pertama yang berhasil melakukan ini.

Telkom yang merupakan perusahaan telekomunikasi Indonesia mencari cara untuk berkomunikasi dengan murah dan akhirnya diketahui lah cara berkomunikasi dengan ekonomis melalui internet. Tahun 1994 berdirilah ISP (Internet Service Provider) yang dikelola oleh PT Indo Internet. Akhirnya muncul perusahan ISP lainnya seperti PT Pos Indonesia, PT RahardjasaInternet, IndosatNet, Telkomnet, dan terus berkembang sampai saat ini.

Seperti yang kita ketahui internet semakin berkembang dan semakin membantu dalam segala hal seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, transportasi, komunikasi, dan lain lainnya. Indonesia menjadi pengguna internet terbanyak ke 5 di dunia, penggunanya mencapai 132.700.00, sebanyak 40 % adalah pengguna media social dan 85% pengguna media social itu menggunakan smartphone. Karena banyaknya pengguna social media yang ada munculah bisnis online seperti e-commerce, online shop intagram, dan twitter. Menkomindo mencatat bahwa Indonesia merupakan Negara e-commerce terbesar di asia pasifik. Internet sangat mempengaruhi semua aspek yang ada, sudah pasti dampak postif nya sangat baik tetapi bukan berarti tidak ada dampak negative dari internet itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *