KPK Pastikan akan Hadiri Praperadilan Setya Novanto

Kabar berita terbaru menyebutkan bahwa KPK pastikan akan menghadiri sidang praperadilan yang diajukan oleh Setya Novanto. Hal ini sidampaikan oleh Priharsa Nugraha, Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang sudah menyatakan jika pihak KPK akan mempercepat proses pelimpahan berkas Setya Novanto yang saat ini menyandang status sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan E-KTP. Proses gugatan praperadilan Setya Novanto sendiri akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Desember 2017.

Saut, saat ditemui di Gedung KPK yang berlokasi di Kuningan Jakarta Selatan juga menuturkan jika saat ini berkas Setya Novanto telah diterima dan sudah siap untuk disidangkan oleh kejaksaan. Pelimpahan berkas akan dilakukan sebelum praperadilan digelar, sehingga  praperadilan secara otomatis akan dibatalkan atau digugurkan. Lebih lanjut, Saut menyebutkan jika pelimpahan berkas Setya Novanto sudah di luar limit sehingga harus diselesaikan secepatnya. Saat ini, berkas tersebut hanya tinggal merapikan saja. Harapannya, praperadilan tidak bisa dilanjutkan sebab KPK sudah menyelesaikan berkas kasus Setya Novanto.

Sidang praperadilan Setya Novanto sendiri sebelumnya telah mengalami penundaan selama kurang lebih satu pekan. Rencananya, sidang praperadilan ini akan dilanjutkan kembali pada hari kamis, 7 Desember. Praperadilan ditunda sebab Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menyelesaikan berkas Setya Novanto.

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, diketahun publik telah terlibat dalam kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, dan saat ini telah mendekam di rumah tahanan KPK. Sebelumnya, penangkapan dan penahanan Setya Novanto sempat berjalan penuh drama sehingga menjadi bulan-bulanan netizen. Setya Novanto sudah dua kali menyandang status tersangka dan selalu lolos dari status hukum setelah memenangkan praperadilan pertama. Hal inilah yang kemudian melatar belakangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bekerja dengan sigap dalam menyiapkan berkas Setya Novanto sebelum diserahkan ke kejaksaan.

Saut menyatakan dengan tegas jika pihaknya akan mematuhi apapun keputusan hakim dalam sidang praperadilan yang dijadwalkan. Hal ini diungkapkan oleh Priharsa Nugraha saat ditemui di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *