Begini Kewajiban Terbaru Memperkerjakan Pekerja Asing Bagi

Meski dalam berbagai berita terbaru disebutkan bahwa kita mengalami surplus tenaga kerja, nyatanya tak sedikit tenaga kerja asing yang mampir ke Indonesia. Apalagi memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) seperti sekarang ini, tak sedikit warga asing yang masuk Indonesia untuk bekerja. Di tambahk lagi, Indonesia sedang berada dalam fase negara berkembang. Keberadaan para investor asing juga membuka peluang bagi pekerja asing untuk bekerja di Indonesia. Tapi bekerja di Indonesia bagi para pekerja asing tentu tidak semudah berlibur di Bali yang sangat terkenal seperti Hawainya Indonesia.

Untuk dapat bekerja di Indonesia, para pekerja asing dan juga yang memperkerjakanya, memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Nah, ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi para pekerja asing untuk bisa bekerja di Indonesia

  1. Kewajiban dalam Berbahasa

Tidak ada kewajiban berbahasa Indonesia. Dilansir dari tribunews.com pada 24 Desember. 2016, para pekerja asing tak lagi diwajibkan untuk bisa berbahasa Indonesia khususnya para pekerja dari Tiongkok. Hal ini juga sempat mengkhawatirkan bagi pekerja Indonesia karena banyak tulisan menggunakan aksara cina.

  1. Memiliki VISA bekerja. Jadi beda ya, antara visa bekerja dan liburan. Kalau memang tujuanya bekerja, ya harus memiliki visa bekerja. Kalau liburan ya liburan. Kalau tidak memiliki visa bekerja, atau hanya punya visa liburan, maka tidak dapat bekerja dan diperkerjakan.
  2. Wajib memiliki pendidikan yang sesuai dengan syarat jabatan kerja yang akan diduduki, sertifikat kompetensi yang sesuai dengan posisi kerja yang diinginkan, dan pengalaman kerja minimal 5 tahun.
  3. Wajib memberikan bukti pelaksanaan dan pendidikan kepada pemberi kerja. Artinya, hanya tenaga ahlilah yang boleh bekerja di indonesia.
  4. Memiliki NPWP (nomor Pokok Wajib Pajak) bagi pekerja asing yang sudah bekerja lebih dari 6 bulan.
  5. Memiliki bukti asuransi yang berbadan hukum di Indonesia. Ini untuk menjamin keselamatan kerja tenaga asing selama di Indonesia.
  6. Ikut sertdalam Jaminan Nasional bagi pekerja asing yang sudah bekerja lebih dari 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *