Strategi Jitu Hemat Kuota Pulsa Internet


Percaya atau tidak, harga kuota internet di tanah air jauh lebih mahal dibanding dengan beberapa negara tetangga kita. Padahal dengan harga yang mahal seperti sekarang ini, pemerintah malah menuduh para pengusaha telekomunikasi melakukan banting harga dan mengancam akan memberikan sanksi pada yang menjual terlalu murah. Memang, diantara satu provider dengan provider lainya terkadang ada jarak harga yang sangat luar biasa jauhnya. Ada yang satu giga itu 23 ribu, tapi ada pula yang satu giga kalau dihitung-hitung Cuma 2 ribu perak. Meski ini biasanya hanya terjadi pada masa promosi saja.

Rata-rata harga umum kuota memang berada di kisaran 20 ribu pergiga. Sebut saja telkomsel yang sedikit lebih mahal, tri yang sedikit lebih murah, dan indosat yang berada disekitar harga itu untuk tingkat pengecer. Padahal untuk kegiatan yang wajar, misalnya saja menonton video di twitter, atau menonton video di youtube, rata-rata tiap orang menghabiskan kuota hingga satu giga lebih tiap hari. Artinya jumlah pengeluaran untuk isi pulsa internet jauh lebih banyak dibanding dengan kuota biasa.

Cara Menghemat Kuota Pulsa Internet

Tapi sebenarnya ada cara jitu yang bisa kita terapkan untuk menghemat pengeluaran kuota pulsa internet kita. Minimal dengan menerapkan beberapa cara berikut ini, jumlah pengeluaran kamu untuk pembelian kuota internet bisa turun drastis. Tidak percaya? Mari kita ulas satu persatu:

  1. Pahami Kebutuhan Kamu

Pertama, kamu harus pikirkan terlebih dahulu, dalam sehari kamu butuh buka aplikasi apa saja. khususnya aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Nah, dari semua aplikasi itu nanti akan kita buat jadi lebih hemat dengan memanfaatkan pengaturan yang ada pada aplikasi tersebut. Tapi sebelumnya, kamu harus pikirkan juga, apakah semua aplikasi yang kamu buka setiap hari itu memang benar-benar harus kamu buka setiap saat? Atau kamu bisa membukanya ketika ponsel kamu terhubung dengan jaringan wifi kantor misalnya? Jika memang bisa kamu buka saat terhubung dengan jaringan wifi, kenapa tidak lebih baik dibuka saat terhubung saja?

  1. Pengaturan Aplikasi

Tahap berikutnya untuk menghemat kuota internet kamu adalah dengan memanfaatkan pengaturan aplikasi. Misalnya, kamu setiap hari butuh untuk membuka browser, maka kamu bisa atur browser kamu dengan pengaturan hemat kuota. Walaupun memang ini akan berpengaruh pada tampilan, misalnya gambar tidak akan ditampilkan dengan resolusi maksimal, atau malah hanya tulisan saja yang ditampilkan. Tapi percayalah, ini membuat pengeluaran kuota bulanan kamu jadi makin sedikit.

Beberapa pengaturan aplikasi misalnya:

  • Browser ubah ke mode hemat daya, kamu bisa buka di bagian setting lalu pilih privacy. Biasanya beberapa broser ada disitu, terutama firefox dan chrome.
  • Matikan lokasi, lokasi selalu membutuhkan koneksi internet untuk bisa menemukan keberadaan kamu. ada baiknya bila kamu ingin hemat daya, matikan saja lokasi. Setidaknya dengan begitu, kamu juga tidak akan terdeteksi sedang dimana.
  • Sering melakukan cek kuota telkomsel agar Anda bisa mengetahui berapa sisa kuota yang Anda miliki.
  1. Ubah aplikasi ke yang lebih hemat kuota atau buang saja

Ada banyak aplikasi di smartphone dengan fungsi yang sama. Sekalipun memang kita pasti memiliki kesukaan. Misalnya, sebagian orang menyukai UC browser, sebagian lagi suka Opera mini, sebagian lagi suka mozilla. Apapun itu, pada dasarnya semua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama. Jadi mengapa tidak kamu pilih yang paling hemat pulsa kuota internet saja?

So, itulah beberapa cara jitu untuk menghemat kuota internet kamu. Sebenarnya masih ada banyak cara lain. Misalnya berhenti membuka media sosial yang tidak dibutuhkan semisal facebook melalui aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *