3 Klub Olahraga Sepakbola Paling Berharga Tahun 2017

Musim baru kompetisi elit sepakbola benua biru sudah digelar dan beberapa sudah masuk ke beberapa pertandingan. Sebagaimana berita olahraga terbaru, Liga utama inggris telah masuk ke minggu ke 4 dan liga utama spanyol baru masuk minggu ke 3. Liga Spanyol memang sedikit lebih terlambat jika dibandingkan dengan kompetisi-kompetisi sepakbola utama benua biru. Tapi itu jelas tak jadi masalah. Selama masih bisa menghadirkan kompetisi yang menarik. Meski memang dua klub raksasa spanyol, real madrid dan barcelona terlihat lesu pada bursa transfer kali ini. Tapi keduanya masihlah tim terbaik eropa.

Hal itu tak lepas dari kenyataan bahwa keduanya adalah tim yang mampu sukses dalam industri sepakbola. Apalagi keduanya juga banyak dicintai oleh fans dan para pemainya juga mencintai klub mereka dengan sangat luar biasa. Tentunya hal demikian juga membawa banyak keuntungan yang tak ternilai. Banyak investor datang untuk bergabung menjadi sponsor tim-tim tersebut. Nah, jika dilihat dari semua club yang ada di eropa, ada beberapa klub dengan nilai paling berharga. Mana saja klub tersebut? Berikut daftarnya.

  1. Manchester United

Di posisi puncak ada tim asuhan manager Jose Morinho. Manchester United (MU) berhasil menjadi klub paling berharga di tahun 2017 ini. klub yang punya markas di Manchester, Britania Raya, manjadi klub paling berharga dengan sejumlah prestasi yang di raih. Walau mereka tidak berkompetisi di Liga Champion pada musim kemarin, mereka tetap di dukung oleh para suporter. Apa lagi mereka juga menjadi jawara Piala Eropa tahun 2017. Setelah pada pertandingan terakhir berhasil menaklukan Ajax dengan skor 2-0. Jika dihitung, mereka memiliki nilai (current value) sebesar 3,69 milliar dollar dan perubahan selama setahun sekitar 11%.

  1. Barcelona

Di posisi kedua bukanlah real madrid yang berhasil menjadi jawara liga champions musim kemarin. Melainkan pesaing utama dan terdekat mereka, barcelona. Ya, barcelona berhasil menjadi klub dengan nilai paling berharga setelah manchester united. Klub yang punya markas di Barcelona, Catalunya , Spanyol, berhasil menjadi klub berharga setelah mereka menjuarai Piala Copa Del Rey Tahun 2017, di final mereka menghancurkan Deportivo Alaves dengan skor telak 3-1. Meski demikian, jika dihitung secara matematis, musim kemarin adalah musim yang cukup berat untuk Barcelona. Mereka hanya mampu menjuarai salu kompetisi dari sekian banyak kompetisi yang diikuti. Nah, untuk tahun ini sepertinya mereka juga akan semakin sulit. Setelah ditinggal pemain utamanya yang hijrah ke PSG, mereka juga kehilangan pelatih utama. Meski demikian, jika dihitung Barcelona saat ini memiliki nilai (current value) 3,64 milliar dollar dimana perubahan selama setahun hanya sekitar 2%.

  1. Real Madrid

Di posisi ada tim dengan banyak prestasi di tahun kemarin. Menjuarai liga utama, jadi jawaran liga champions dengan banyak rekor yang terpecahkan. Siapa lagi kalau bukan Real madrid. Klub yang bermarkas di Madrid, Spanyol ini berhasil menduduki pringkat ketiga sebagai club paling berharga di tahun 2017. Hal ini tak lepas dari 4 gelar yang diraihnya. Juara Liga Champions, Juara Piala Dunia Antar Klub, Juara Liga Spanyol, dan Piala Super Spanyol. Jika ditaksir nilai klub tersebut sepanjang tahun 2017 mencapai 3,58 milliar dolar dengan perubahan hanya sekitar -2% selama setahun.

Nah itulah beberapa club eropa yang paling berharga menurut berita olahraga terbaru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *