7 Buku Kumpulan Cerpen Fiksi Ilmiah Paling Laris

Karya ilmiah fiksi menjadi salah satu buku yang banyak diminati masa kini. Pasalnya dengan buku genre ini, kita lebih mudah dalam memahami segala hal yang berbau ilmiah karena di kemas dalam cerita fiksi. Lebih-lebih, terkadang ada tambahan imaginasi dari penulis yang masuk dalam cerita semacam karya ilmiah fiksi. Hal itu semakin membuat ceritanya menjadi makin menarik.

Salah satu bentul karya ilmiah fiksi adalah cerpen. Cerpen atau cerita pendek ilmiah adalah cerita pendek yang dalam ceritanya mengangkat hal-hal yang berbau ilmiah. Tentu saja ini sangat menarik. Nah kali ini kita akan bahas mengenai buku-buku cerpen paling menarik. Cerpen biasanya menjadi pilihan para pembaca karena cerpen lebih pendek dan lebih sederhana ketimbang novel.

Buku Cerpen Terbaik

  1. Kukila

Kukila adalah buku kumpulan cerpen karya Aan Manyur. Aan mansyur ini adalah penulis puisi namun kali ini dia mampu membuat cerpen yang bagus dan berkualitas. Salah satunya Kukila ini.  Nah di dalam buku ini memang tak banyak hal-hal yang berbau ilmiah, tapi sangat menarik.

  1. Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia

Buku kumpulan cerpen karya Agus Noor memiliki beragam cerita mengenai percintaan, perselingkuhan, kepedihan, politik, dan religiositas dikemas dengan bahasa yang indah dan menarik. Cerita soal ilmiah di dalamnya memang tak banyak, kecuali ilmiah dalam hal percintaan.

  1. Merajut cahaya

Berikutnya ada cerpen dengan nama Merajut Cahaya. Merajut cahaya adalah buku kumpulan cerpen terbaik Annida karya Helvy Tiana Rosa. Buku kumpulan cerpen ini tak hanya menghibur bagi pembacanya namun memiliki banyak kisah yang inspiratif yang menarik untuk dibaca. Memang dalam buku ini lebih banyak soal kehidupan, tapi tetap tak lepas dari hal-hal yang ilmiah.

  1. 9 Dari Nadira

Berikunya ada buku kupulan cerpen karya Leila S Chudori yang menceritakan Sembilan kisah hidup Nadira sang tokoh utama. Dengan lika-liku hidupnya dari lahir sampai ibunya meninggal diceritakan oleh Leila S Chudori dengan apik.  Cerpen ini juga lebih banyak bercerita soal kehidupan. Meski tetap ada nilai ilmiahnya.

  1. Robohnya Surau Kami

Robohnya surau kami merupakan karya dari A.A Navis yang populer. Meskipun buku ini sudah lama terbit namun tetap menjadi cerpen idola pengemar cerpen nusantara. Cerpen isi berisi tentang kehidupan sosial dan agama seorang took agama di sebuah kampung.

  1. Filosofi Kopi

Filosofi kopi merupakan sebuah cerpen karangan Dee Lestari. Cerpen ini memiliki dua tokoh penting yaitu Ben dan Jody. Ben yang merupakan seorang Barista atau peramu kopi bekerjsama dengan Jody seorang pembisnis dan kemudian mereka mendirikan sebuah kedai kop bernama Filosofi Kopi.

  1. Seribu Kunang Kunang di Manhattan

Cerpen karya Umar Kaya ini terbit tahun 1966 namun tetap memiliki banyak pengemar sehingga buku ini dapat dikatakan buku kumpulan cerpen terlaris.  Cerpen ini memiliki banyak konflik cerita yang ditulis dengan gaya bahasa seorang sastrawan seperti Umar Kayam. Dengan mengangkat kisah kehidupan orang metropolitan pada zaman itu membuat pembacanya seolah-olah mengalami kehidupan seperti tokoh.

Nah itulah beberapa cerpen yang masuk dalam kategori karya ilmiah fiksi. Memang tak banyak buku semacam ini, terutama yang asli terbitan dari Indonesia. Mengingat banyak penulis indonesia yang masih dipengaruhi dengan cara berfikir magis. Jika kamu memang benar-benar suka cerpen ilmiah, cobalah untuk memilih cerpen terjemahan. Biasanya sangat banyak.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *