4 Penyebab Kerusakan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh manusia. Bentuk ginjal berupa kacang dan terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang otot yang menuju arah rongga perut sisi atas. Fungsi ginjal yakni membersihkan darah dan menyaring limbah yang akan dikeluarkan melalui urin. Selain itu ginjal juga membantu mengatur kandungan mineral dalam tubuh seperti fosfat dan kalsium. Ginjal juga akan mengeluarkan hormon yang dapat membantu tubuh dalam mengatur tekanan darah. Tanpa banyak panjang lebar lagi, disini akan saya sampaikan 4 penyebab kerusakan ginjal.

  1. Sering menunda Buang air kecil

Kantung kemih yang terlalu lama terisi penuh akan mengundang bakteri dan berkembang disana. Lambat laun bakteri akan menyebabkan timbulnya infeksi saluran kemih atau infeksi pada ginjal. Selain itu, seringnya penundaan buang air kecil dapat mengakibatkan fungsi ginjal terganggu dan menyebabkan penderita mengalami inkontinensia.

  1. Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan sumber energi utama manusia, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan organ yang pertama terkena dampak dehidrasi adalah ginjal. Padahal manfaat paling utama dari ginjal adalah membuang sisa metabolisme dari badan serta mengatur produksi eritrosit.

  1. Sering Mengkonsumsi Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam ini biasa kita temukan di restoran cepat saji. Terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi garam dapat mengakibatkan rusaknya ginjal dan munculnya permasalahan lain. Ginjal memiliki metabolisme 95% Natrium yang dikonsumsi melalui makanan. Peneliti mengatakan bahwa garam dapat meningkatkan jumlah protein urin, yang menjadi penyebab resiko penyakit ginjal.

  1. Makanan Daging

Daging memang penting bagi kesehatan tubuh manusia, akan tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan dapat memunculkan resiko penyakit ginjal. Mengkonsumsi daging yang banyak akan meningkatkan beban metabolik ginjal karena desakan glomerulus serta hiperfiltrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *