Mengenal Tipe Rumah Sakit

Penting sekali bagi pasien BPJS/JKN untuk mengenal tipe rumah sakit, di indonesia sendiri kelas rumah sakit dibagi menjadi 5 yaitu kelas A, B, C, D, dan E. Perbedaan kelima kelas tersebut terletak pada fasilitas dan penunjang fasilitas medis. Inilah yang menyebabkan adanya perbedaan kelengkapan fasilitas dan pelayanan antara rumah sakit yang satu dengan rumah sakit lainnya ketika pasien BPJS harus dirawat diruang inap. Tanpa banyak basa basi lagi, disini akan saya sampaikan untuk mengenali tipe rumah sakit.

  1. Rumah sakit Kelas A

Tipe A ini adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas oleh pemerintah, rumah sakit ini telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan tertinggi, atau disebut juga rumah sakit pusat.

  1. Rumah sakit Kelas B

Rumah sakit ini memberikan pelayanan kedokteran medik spesialis luas dan subspesialis terbatas. Kelas B ini direncanakan akan didirikan disetiap ibu kota propinsi yang dapat menampung pelayanan rujukan dari rumah sakit kabupaten. Rumah sakit pendidikan yang tidak termasuk kelas A juga dapat diklasifikasikan sebagai rumah sakit kelas B.

  1. Rumah sakit Kelas C

Rumah sakit ini yang mampu melayani pelayanan kedokteran subspesialis terbatas. Terdapat 4 macam pelayanan spesialis disediakan yakni pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak, serta pelayanan kebidanan dan kandungan.

  1. Rumah Sakit Kelas D

Rumah sakit ini bersifat transisi, karena pada suatu saat akan ditingkatkan menjadi rumah sakit kelas C. Kemampuan rumah sakit ini hanya memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Sama hal nya dengan rumah sakit kelas C, rumah sakil kelas D juga menampung pelayanan yang berasal dari puskesmas.

  1. Rumah sakit Kelas E

Kelas E merupakan rumah sakit kelas khusus yang menyelenggarakan hanya satu macam pelayanan kedokteran saja. Pada saat ini banyak kelas E yang didirikan pemerintah, misalnya rumah sakit jiwa, rumah sakit kusta, rumah sakit paru paru, rumah sakit jantung, dan rumah sakit ibu serta anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *