4 Makanan Khas Jawa Barat

Ciri makanan khas Jawa barat adalah rasa pedasnya. Buat anda yang doyan makan dengan makanan pedas, karena identi dengan udaranya yang dingin dan sejuk, tidak musim kemarau apalagi musim hujan. Nah untuk menghangatkan tubuh digunakanlahcabe sebgai penghangat alami. Tapi buat anda yang tidak suka makanan pedas, ada juga makanan yang tidak pedas khas Jawa barat. Tanpa banyak panjang lebar lagi, disini akan saya sampaikan 4 makanan khas jawa barat.

  1. Cireng

Cireng adalah makanan pedas yang sangat digemari masyarakat Jawa barat. Cireng itu singkatan Aci di goreng, mungkin yang menjadi ciri khas makanan dari jawa barat adalah kreatifitas dalam memberi nama pada makanan yang banyak disingkat. Cireng terbuat dari tepung tapioka (Aci) dan dilamnya terdapat bumbu kacang yang pedas.

  1. Kerupuk Malarat

Kerupuk melarat ini adalah kerupuk khas cirebon. Dinamakan melarat, karena pada jaman dahulu untuk mendapatkan minyak goreng adalah sesuatu yang mahal dan langka, dan untuk mensiasati minyak goreng tersebut, maka munculah ide menggoreng menggunakan pasir.

  1. Karedok

Karedok juga merupakan makanan khas Jawa barat yang pedas. Karedok terbuat dari sayur sayuran mentah seperti kol, kacang panjang, terong bulat, bawang putih, cabe merah, kencur, kacang tanah goreng, air asem, gula merah, garam, dan terasi.

  1. Batagor dan Siomay

Mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi di indonesia, terlebih di kalangan masayarakat Jawa barat. Batagor dan Siomay terbuat dari tahu yang berisi adonan tepun dan ikan, dan kemudian digoreng kedalam minyak yang panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *